Polisi Akan Tindak Penyebar Video Hoax Letusan Merapi

Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiansyah

VIVA – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan, polisi akan menindak penyebar video hoax soal letusan Gunung Merapi yang beredar di media sosial. 

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Ia menegaskan, Polri serius memerangi berita bohong atau hoax karena efeknya berbahaya bagi masyarakat. "Itu bisa diproses, kan di UU ITE itu siapa yang nyebarkan berita palsu, ujaran kebencian, atau provokasi bisa dikenakan undang-undang," kata Setyo, di Kantor Divisi Humas Polri, Selasa, 22 Mei 2018.

Apalagi video itu soal bencana alam yang dinilai bisa membuat masyarakat resah. Lantaran itu, ia mengimbau masyarakat bisa bijak dalam menggunakan media sosial. "Kalau mereka sebar luaskan ini menimbulkan kegaduhan, kan kasihan masyarakat yang lain," ujarnya.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan pihak terkait lainnya telah mengeluarkan pernyataan agar tidak ada orang yang menciptakan keresahan dan ketakutan masyarakat, terkait peningkatan aktivitas Gunung Merapi di Jawa Tengah. 

Ternyata, masih ada yang menyebar video bohong letusan mengerikan sebuah gunung yang disebutkan sebagai letusan Gunung Merapi. Padahal, video letusan gunung yang disebar itu merupakan rekaman saat Gunung Sinabung meletus pada 2014. 

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Namun, pelaku penyebaran video menuliskan bahwa rekaman video itu merupakan rekaman letusan Gunung Merapi.

"Banyak beredar video ini yang diberi keterangan letusan #merapi padahal ini rekaman letusan Sinabung tahun 2014, sumber photovolcanica," tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi alias BPPTKG melalui akun Twitter resminya.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024