Soal Penyobekan Alquran, Umat Islam Diminta Tak Terprovokasi

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA – Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengecam tindakan adanya dugaan penyobekan Alquran. Hal ini berawal dari video viral penemuan potongan kertas yang disebut lembaran Alquran tersobek-sobek dan berserakan di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

"Iya, tentu dong, pasti (PP Muhammadiyah mengecam aksi penyobekan Alquran)," kata Dahnil kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 23 Mei 2018.

Atas kejadian tersebut, Dahnil berharap umat Islam tidak terpancing emosi tindakan provokatif tersebut. Dia meminta umat Islam menahan diri.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

"Pokoknya kondisi sekarang ini semua ada upaya provokasi maksimal. Makanya saran saya, umat Islam khususnya, jangan sampai terprovokasi. Tetap rawat akal sehatnya dan akhlak baiknya," ujarnya.

Ia pun meminta masyarakat menyerahkan kasus ini kepada pihak Kepolisian. Ia meminta aparat penegak hukum menindak pelaku.

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

"Aparatur hukum harus tindak secara tegas siapa pelakunya karena sering kali kemudian jadi ramai, kemudian memprovokasi umat karena tindakan hukumnya nggak jelas," kata Dahnil.

Sebelumnya, isu Alquran disobek dan ditebarkan di jalanan itu mencuat setelah videonya muncul di akun Youtube Suara Indonesia. Video terdata diupload pada 20 Mei 2018.

Video itu diberi judul ‘Biadab! Siapa Pelaku Yang Merobek Al-Quran Dan Membuangnya Ini?'.

Sementara dari hasil penelusuran, diketahui potongan kertas Alquran bertebaran di ruas jalan tersebut sejak Sabtu malam, 19 Mei 2018. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya