Letusan Merapi, 10 Desa di Magelang Hujan Abu dan Pasir

Relawan mengamati aktivitas Gunung Merapi dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, telah terjadi dua kali letusan di Gunung Merapi hingga Kamis, 24 Mei 2018, pukul 11.00 WIB. 

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengemukakan, letusan pertama terjadi pada pukul 02.56 WIB. Letusan berdurasi empat menit itu memiliki kolom letusan setinggi 6.000 meter. 

Kolom letusan yang terbentuk pagi tadi lebih besar dibandingkan letusan pada 11 Mei 2018, yang hanya mencapai 5.500 meter. Sedangkan letusan kedua terjadi pukul 10.58 WIB dengan durasi dua menit dan menimbulkan kolom letusan 1.500 meter.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Akibat letusan pada pukul 02.56 WIB, berdasarkan pemantauan tim di lapangan dan BPBD Kabupaten Magelang, telah terjadi hujan abu dan pasir di sejumlah desa di Kabupaten Magelang.

Desa-desa yang terdampak hujan abu dan pasir karena arah angin ke barat adalah Desa Tegal Randu, Sumber, Dukuh, Ngadipira, Banyu Biru, Muntilan, Mungkit, Menayu, Kali Bening dan Salaman.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

"Kami juga baru metakan desa mana saja yang terdampak hanya pasir, hanya abu dan abu serta pasirnya," katanya, Kamis, 24 Mei 2018.

Hingga saat ini, Hanik menegaskan, status Gunung Merapi masih dalam status waspada atau level II sehingga tidak boleh ada aktivitas warga, di tiga kilometer dari puncak merapi. "Tidak perlu panik dan tidak terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumbernya," ujarnya.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024