Teroris Surabaya Bikin Bom Nyontek dari Film

Lokasi ledakan bunuh diri di Gereja Surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/HUMAS PEMKOT-Andy Pinaria

VIVA – Para teroris yang melakukan aksi teror di Surabaya ternyata merakit bom ketika Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri mengendurkan pengawasan.

VIDEO: Korban Cacat akibat Bom Surabaya Tak Rela Eks ISIS Dipulangkan

Pengenduran dilakukan karena melihat pelaku aksi teror di tiga titik di Surabaya sudah bersosialisasi dengan baik bersama masyarakat. Densus sempat mengendurkan pengawasan sekitar tiga bulan terakhir sebelum aksi teror terjadi.

"Kelihatannya ini dimanfaatkan oleh mereka untuk membuat bom itu sendiri. Iya saat Densus mengendurkan pengawasannya mereka memanfaatkan untuk membuat bom," ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Kantor Divisi Humas Polri, Kamis, 24 Mei 2018.

Polri Pamer Labfor Surabaya, Kasus Vanessa hingga Bom Diungkap di Situ

Pelajaran merakit bom diduga didapat dari suatu kegiatan. Hasil penyelidikan, keduanya membuat bom tersebut perseorangan.

"Hasil sementara yang buat adalah yang bersangkutan sendiri. Tapi mereka kan memang setiap minggu ada pengajian. Di pengajian itu disampaikan film-film tentang kekerasan, film-film manual tentang pembuatan bom," katanya. (ase)

Terduga Teroris Asal Jateng Ditangkap Densus 88 di Ponorogo
Arthur Irawan saat memperkuat Persebaya Surabaya

On This Day: Teror Bom Surabaya Bikin Persebaya Geram

Teror bom sempat terjadi di Surabaya pada 13-14 Mei 2018. Ini sampai membuat duel Persebaya Surabaya ditunda.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2021