Turunkan 21 Ribu Personel, Polda Jateng Fokus Tol Trans Jawa

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menerjunkan 21 ribu personel untuk mengamankan jalur mudik di wilayahnya. Mereka tergabung dalam Operasi Ketupat Candi 2018.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengungkapkan, Operasi Ketupat Candi mulai digelar pada 8 Juni hingga 24 Juni 2018. Operasi tersebut akan difokuskan pada kemacetan, keamanan serta kenyamanan pemudik, khususnya di sejumlah ruas tol fungsional.

"Yang menjadi fokus dilewati adalah jalan tol Trans Jawa, mulai dari tol Pejagan sampai ke wilayah Sragen," kata Condro di Semarang, Jumat, 25 Mei 2018. 

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Khusus tol fungsional Pemalang hingga Semarang, petugas akan sangat fokus untuk melakukan pengamanan. Mengingat tol fungsional itu masih ada beberapa kekurangan, seperti penerangan jalan yang belum sempurna.

"Setiap lima kilometer akan ada mobil patroli antara Brimob dan Lalu Lintas," ujarnya. 

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

Selain jalan tol, pada arus mudik nanti, sejumlah personel Brimob, Sabhara bersama unsur TNI juga akan diterjunkan di area publik. Di antaranya simpul transportasi, bandara, terminal, mal, tempat-tempat pegadaian, perbankan dan patroli rumah-rumah kosong. 

Ia mengatakan, semua pemangku kepentingan di wilayah Jawa Tengah telah siap mengamankan arus mudik nanti. "Kekuatan kami totalnya dari Polri 21 ribu, nanti ada tambahan bantuan dari TNI serta pemerintah daerah yakni Satpol PP," ujarnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021