Bendungan Kuningan Ditargetkan Rampung Desember 2018

Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Cibereum, Kuningan, Jawa Barat
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA – Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditargetkan rampung Desember 2018. 

Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat yang Biayanya Rp 1,4 Triliun

Saat ini, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadi Muljono, bendungan seluas 221 hektare yang menghabiskan anggaran Rp500 miliar itu sudah rampung 80 persen.

"Direncanakan bisa kami selesaikan, Insya Allah Desember 2018 ini," ujar Basuki dikutip dari keterangan Biro Pers Istana, Jumat, 25 Mei 2018.

Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

Menurut Basuki, Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan telah selesai membangun 100 unit rumah tipe 36. Hal itu untuk relokasi kepala keluarga terdampak. 

Basuki menjanjikan, pembangunan akan terus dilakukan agar seluruh KK yang terdampak tidak dirugikan oleh pembangunan bendungan. "Kami ke sana (lokasi relokasi), bagus sekali. Pak Presiden mau ke sana juga tapi waktunya terbatas," ujar Basuki.

May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Sebelumnya, Jokowi meninjau pembangunan Bendungan Kuningan di hari kedua kunjungan kerjanya ke Jawa Barat. Bendungan Kuningan dibangun dengan membendung Sungai Cikaro yang merupakan anak Sungai Cijalengkok. 

Keberadaan bendungan itu diharapkan bisa mengairi tiga ribu hektare sawah, serta menjadi air sumber baku dengan limpahan 300 liter per detik untuk 300 ribu KK di Kuningan, Jawa Barat dan Brebes, Jawa Tengah. (mus)

Syaiful Huda di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat

PKB Siapkan Calon Saingan Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Dua kader PKB disiapkan untuk wilayah Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024