Ribuan E-KTP Tercecer dari Depok Sampai Bogor

E-KTP yang berceceran di kawasan Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA – Tumpukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, bertebaran di Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat. Ribuan e-KTP itu tumpah dari sebuah truk pada Sabtu malam, 26 Mei 2018.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

Kapolsek Sawangan, Komisaris Suprasetyo membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, KTP elektronik yang jumlahnya sangat banyak itu adalah milik Kemendagri yang bakal dikirim ke gudang di Bogor.

"Iya betul, itu KTP rusak rencananya bakal dikirim ke Bogor," katanya saat dikonfirmasi VIVA, Minggu 27 Mei 2018.
        
KTP elektronik itu jatuh ketika truk yang mengangkutnya oleng. Saat ini, e-KTP tersebut telah dibawa kembali. Ketika disinggung apakah ada tumpukan uang yang jatuh, pria yang akrab disapa Pras itu pun membantahnya.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Enggak ada itu uang. Waduh ada-ada aja, cuma KTP doang itu KTP rusak mau dibawa ke Bogor," katanya.

Tidak hanya di kawasan Depok, e-KTP itu juga tercecer karena jatuh dari truk pengangkutnya di kawasan Bogor.  Warga menemukan ceceran e-KTP itu di daerah Salabenda, Parakansalak, Kemang, Bogor.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Menurut informasi, e-KTP yang dalam keadaan rusak itu akan dibawa ke gudang di kawasan Semplak, Bogor, Jawa Barat. Hampir sebagian besar e-KTP yang rusak itu dikeluarkan untuk warga Sumatera Selatan.

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023