Survei: Kepuasan Publik terhadap Jokowi Turun Jelang Pilpres

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Dokumentasi Biro Pers Kepresidenan.

VIVA – Survei yang dilakukan Alvara Research Center menemukan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo menurun satu tahun sebelum Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden digelar pada April 2019. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Survei yang digelar pada April hingga Mei 2018 itu mendapati, 65,9 persen responden puas atas kinerja Jokowi. Angka itu menurun dibandingkan tingkat kepuasan terhadap Jokowi pada Februari lalu, yaitu 68,8 persen.

"Tingkat kepuasan kinerja Jokowi-JK menurun 3,5 persen," ujar CEO Alvara Hasanuddin Ali saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 27 Mei 2018.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Hasanuddin melanjutkan, titik lemah pemerintahan Jokowi yang paling utama adalah ekonomi. Pemerintah dinilai masih belum sukses menyediakan lapangan kerja yang baik bagi rakyat. "Isu-isu ekonomi dan ketenagakerjaan masih mendera," ujar Hasanuddin.

Survei melibatkan 1.202 responden berusia 17 tahun ke atas, mewakili populasi pemilik hak pilih dari seluruh provinsi secara proporsional di Pemilu tahun depan. Rentan margin of error sebesar 3,10 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei serupa yang dilakukan pada Februari melibatkan 2.200 responden. (ase)

Hakim Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi: Paling Penting Tuduhan Politisasi Bansos Tak Terbukti
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024