DPR Ingin Mudik Lebaran 2018 Tanpa Cacat

Antrean kendaraan di dekat gerbang tol Brebes Timur saat puncak musim mudik Lebaran 2016.
Sumber :
  • @PTJASAMARGA

VIVA - Jelang arus mudik lebaran 2018, perhatian publik tertuju pada transportasi termasuk kesiapan infrastruktur jalannya. Kesiapan pelayanan publik ini juga menjadi sorotan dan pengawasan ketat DPR. Keselamatan dan keamanan pemudik, harus benar-benar disiapkan oleh pemerintah.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

"Agar Kemenhub melakukan pengecekan kelaikan moda transportasi baik darat, laut, maupun udara dan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan moda transportasi umum saat arus mudik lebaran serta kesediaan saftey equipment (perlengkapan keamanan) di dalam setiap moda transportasi umum," ujar Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin, 28 Mei 2018.

Kejadian seperti macet parah pada 2016, akibat tidak tertatanya pengaturan arus mudik, tidak boleh terulang kembali. Maka, lanjut politisi Partai Golkar itu, Kementerian Pekerjaan Umum juga punya peran vital. Menurutnya, jangan sampai pemudik nantinya tidak bisa merasakan kehadiran pemerintah lantaran infrastruktur mudik tidak disiapkan dengan baik.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

"Lakukan pengecekan kelayakan jalan dan penempatan rambu serta marka jalan yang akan dilalui oleh pemudik," ujarnya.

Sedangkan terkait persoalan keamanan saat musim mudik, ia meminta Polri meningkatkan pengamanan dengan memperbanyak penempatan personel di lokasi rawan macet. "Serta menempatkan intelijen Kepolisian di setiap titik-titik rawan kejahatan," katanya.

Usai Teror Batu, Patroli di Tol Jakarta-Merak Ditingkatkan

Selain itu Bamsoet juga mengharapkan lingkungan masyarakat yang sepi karena para penghuninya mudik bisa tetap aman.

"Menghimbau kepada masyarakat untuk berkoordinasi dengan aparat setempat, seperti RT/RW untuk keselamatan lingkungan." (mus) 

Ketua Umum DPP Organda Andre Djokosoetono.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Organda juga mengapresiasi kerja pemerintah atur arus mudik.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018