Gunung Agung Erupsi Lagi, Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dilaporkan erupsi lagi.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Gunung Agung kembali erupsi. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu teramati mengalami erupsi pukul 05.39 WITA. Dari laporan yang dilansir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tinggi kolam abu teramati 500 meter dari atas puncak. 

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Dari pengamatan, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 6 mm dan durasi 4 menit 25 detik.

Saat ini Gunung Agung berada pada status level III atau siaga. Dari laporan yang disusun PVMBG berdasarkan pengamatan periode pukul 00.00-06.00 WITA terekam gempa letusan satu kali dan gempa terasa satu kali.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi serta dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

PVMBG juga mengimbau masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019