Kesiapan Tol Cipali Hadapi Arus Mudik Lebaran 2018

Kepadatan Tol Cipali saat arus balik libur Lebaran 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018, operator jalan Tol Cipali PT Lintas Marga Sedaya atau LMS menggiatkan aktivitas untuk memudahkan masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman. 

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Persiapan di antaranya, menyediakan fasilitas beberapa portable toilet yang dikhususkan secara proporsional untuk wanita di rest area tipe B.

"Ada 10 toilet portable dan 1 truk toilet (1 truk toilet ada 4 bilik)," kata General Manajer PT LMS, Suyitno, Kamis, 31 Mei 2018. 

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Selain itu, LMS juga menyediakan 6 unit videotron untuk memberikan info lalu lintas, mobil patroli, ambulans, rescue, derek, dan mobil PJR. Komponen ini disiapkan apabila ada pemudik yang mengalami mogok dan lain sebagainya, dapat ditangani dengan cepat oleh pengelola tol.

Kemudian, kata Suyitno, di rest area juga ditambahkan tempat parkir, genset, penyediaan BBM dalam kemasan berukuran 5-10 liter dari Pertamina, serta pengadaan posko kesehatan dan layanan gerak top up.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

"Ada penambahan gardu operasi dari 12 menjadi 26 gardu dan penambahan petugas di gerbang Tol Palimanan Utama sebanyak 78 orang," ujar Suyitno.

Kemudian, menurut Suyitno, operator Tol Cipali juga akan menyediakan sebanyak 4.000 kartu uang elektronik bagi para pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya.

Kendati begitu, Suyitno tetap menyarankan kepada para pemudik agar lebih menyiapkan dan membeli kartu uang elektronik atau e-toll sebelum masuk tol, dan kartu uang elektronik saldonya harus mencukupi untuk berangkat dan pulang, agar tidak terjadi penumpukan di gerbang tol. 

"Cek saldo uang elektronik sebelum masuk tol, dan secara berkala pastikan saldo cukup dan gunakan 1 kartu uang elektronik untuk 1 kendaraan. Pastikan masuk–keluar tapping dengan kartu uang elektronik yang sama," katanya. 

Manajemen LMS juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan tol untuk selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya. Disarankan mengisi BBM di luar Tol Cipali, terutama pada saat arus mudik dan arus balik nanti, agar tidak terjadi penumpukan di dalam rest area.

Selain itu, para pemudik diharapkan memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi. 

Hubungi info layanan Tol Cipali 0260 7600 600 dan follow akun resmi Tol Cipali @lintasmarga di Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya