Merapi Meletus, Yogya dan Boyolali Hujan Abu

Kondisi Merapi saat meletus Jumat pagi, 1 Juni 2018.
Sumber :
  • Dokumen BPPTKG

VIVA – Hujan abu vulkanik dari letusan yang terjadi di Gunung Merapi, Yogyakarta, melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Boyolali, ada tujuh wilayah desa yang diguyur hujan abu letusan Gunung Merapi. Terutama di wilayah Kecamatan Selo.

"Ada tujuh desa yang terjadi hujan abu, salah satunya di Tlogolele yang paling dekat dengan puncak Merapi. Ketebalannya bervariasi," ujar Kepala BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, Jumat, 1 Juni 2018.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Menurut Bambang, wilayah hujan abu letusan Merapi terjadi karena letusan vertikal dan saat itu angin berubah arah ke barat daya.

"Saat letusan vertikal terjadi, kemudian arah angin berubah ke barat daya. Dampak dari angin ini membuat beberapa titik di Boyolali terjadi hujan abu," kata Bambang.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Guna mengantisipasi dampak buruk hujan abu, BPBD Boyolali telah membagikan ribuan masker kepada penduduk di wilayah terdampak hujan abu.

"Sebelumnya telah dibagikan sekitar 8.000 masker, terus kemudian ditambah lagi 6.000 masker," katanya.

Sementara itu, selain wilayah Kabupaten Boyolali, hujan abu juga terjadi di wilayah Yogyakarta.

Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar mengatakan, pada pukul 08.58 WIB seputar pos PGM Jrakah terjadi hujan abu pada pukul 09.02 WIB, seputar pos PGM Selo juga terjadi hujan abu.

"Pada awal letusan angin mengarah ke barat laut namun pada pukul 08.30 WIB informasi dari BMKG Satklim Yogyakarta angin mengarah ke barat daya,"ujarnya.

Seperti diketahui, Merapi meletus pada pukul 08.20 WIB dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi dua menit. Tinggi kolom letusan 6000 meter mengarah ke barat laut dan teramati dari pos pengamatan Gunung Merapi di Jrakah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya