10 Titik Macet Jalur Jawa Saat Arus Mudik 2018

Kendaraan pemudik memadati ruas tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyebut ada 10 titik kemacetan yang terjadi selama musim mudik Lebaran 2018. Penumpukan kendaraan itu kebanyakan berada di Pulau Jawa dan Bali.

Abu Bakar Baasyir dan Gayus Dapat Remisi, Buni Yani Tidak

Menurut Kepala Korlantas, Irjen Royke Lumowa, urutan kemacetan itu dimulai dari Tol Cikampek dan diikuti wilayah Palimanan.

"Ketiga itu ada di gate Gandulan atau Kertasari. Saya dengar agak mundur di Kertasari, tadinya mau dibuat di Gandulan, karena di situ kan portable gate-nya. Jadi, sementara di Kertasari," kata Royke saat memantau jalur mudik di wilayah Kendal, Jawa Tengah, Jumat 1 Juni 2018.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Dari tiga wilayah tersebut, Royke mengatakan, titik yang saat ini disurvei yakni Kendal terus menjadi perhatiannya. Ada Jembatan Kalikuto yang masih belum rampung pembangunannya, sehingga kendaraan masuk ruas tol fungsional Batang-Semarang kemungkinan bakal sedikit tersendat.

"Itu krusial di jembatan tolnya, belum tersambung di saat puncak (mudik). Kalau dia kan jadinya 13 atau 12 Juni. Ini jadi krusial, karenanya kami keluarkan ke arteri, atau jadi rekayasa arus di arteri," lanjut Royke.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Kemudian, titik macet selanjutnya Manyaran Krapyak Semarang. Setelah itu penumpukan juga terjadi di Brebes selatan menuju Purwokerto.

"Di situ ada namanya Karang Sawah tempatnya di Pasar Tonjong. Pasar itu antrean panjang," kata dia.

Selanjutnya, di Jawa Barat ada beberapa titik seperti Gentong, Malangbong.

"Lalu di Jawa Barat jalur Malangbong, Limbangan, Gentong. Dulu dikenal dengan jalur Nagrek. Itu setelah Nagrek, ini satu jalur," kata dia.

Selain arus mudik, prediksi kemacetan dipastikan bakal terjadi di tempat peristirahatan atau rest area pada arus balik. Rest area di sekitar wilayah Cipali kilometer 102 dan 130. Lalu, rest area di Cikampek kilometer 62, 52, dan 42.

"Kemudian kesembilan ada penyeberangan Merak-Bakauheni. 10 penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Ketapang. Antreannya ya saya lihat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya