Pandu Masyarakat, Polri Luncurkan Aplikasi NTMC Mudik

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA – Korps Lalu Lintas Polri menyiapkan aplikasi di ponsel pintar yang kegunaannya untuk berbagai informasi panduan arus mudik-balik 2018. Aplikasi itu bernama 'NTMC Mudik' yang sudah bisa diunduh oleh para pemudik untuk mengawali perjalanan ke kampung halaman.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

"Ada macam-macam pilihan, bisa peta elektronik, kami kerja sama link dengan Waze dan Google Maps. Jadi ada jendela khusus tinggal klik, (informasi) itu keluar," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa usai meninjau kesiapan mudik di wilayah Jawa Timur, Senin 4 Juni 2018.

Menurut Royke, aplikasi membantu para pemudik yang ingin mengetahui informasi seperti titik rawan kemacetan, rest area, SPBU, dan beberapa tempat penting lainnya.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

“Ada warna hijau, warna hitam, warna merah akan terlihat di situ. Jadi lebih awal, lebih dini melihat situasi mudik. Memperlancar perjalanan sampai tujuan,” katanya.

Aplikasi ini, juga kata dia, terhubung dengan instansi lain yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan arus mudik Lebaran.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

"Lalu ada peta grafis. Ada instansi terkait yang nge-link ke kami juga seperti Jasa Marga, Jasa Raharja, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan dan call center," ujarnya.

Namun ia menyatakan, aplikasi NTMC mudik masih terbatas pada sistem ponsel Android yang bisa diunduh lewat Play Store. Untuk iOS atau Apple masih dalam proses penyempurnaan dan dirinya berharap agar seluruh sistem operasi yang ada dalam perangkat ponsel para pemudik terakomodasi.

"Tahun lalu kan sudah, nanti akan terus kami sempurnakan," ujarnya.

Karena itu, Irjen Royke berharap tahun ini jumlah itu bisa berkurang. Dia mengimbau masyarakat dapat memperhatikan kesehatan selama perjalanan dan mematuhi arahan dari petugas kepolisian di lapangan.

“Kami harapkan dari masyarakat memberi kontribusi agar keinginan ini bisa tercapai maksimal. Masyarakat yang akan mudik perhatikan kesehatan, mempersiapkan barang yang mau dibawa, mempersiapkan perjalanan," katanya.

Jalur Tangerang Dipersiapkan

Sementara itu, salah satu jalur di wilayah Tangerang kini telah dipersiapkan untuk pelaksanaan mudik Lebaran. Jalur ini merupakan salah satu akses perlintasan pada mudik baik menuju Sumatera, Jawa, atau Jakarta.

Pemerintah daerah setempat meyakini, jalur perlintasan di wilayah Tangerang telah siap dilalui dan dalam kondisi baik.

Jalur perlintasan mudik menuju Jakarta ataupun Bandara Soekarno Hatta, Tangerang adalah Jalan Daan Mogot, Jalan Gatot Subroto, Jalan Merdeka, dan Jalan Otista.

Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Tangerang terdapat jalur perlintasan menuju Jakarta ataupun Pelabuhan Merak seperti, Jalan Raya Serang Cikupa-Balaraja.

"Semua sudah siap dilalui, kondisi jalan terpantau baik," ujar Kepala Bidang Pemeliharaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tangerang, Agus, Kamis, 31 Mei 2018.

Kesiapan lainnya, melalui Dinas Perhubungan Kota Tangerang pun telah menyiapkan 36 CCTV yang terus melakukan pemantauan pada H-7 arus mudik nanti.

"Memudahkan memantau kondisi jalan dan petugas dapat dengan cepat (mengantisipasi) kondisi jalan, seperti kepadatan lalu lintas. Jalur kami merupakan jalur perlintasan dengan wilayah yang padat yakni, Jalan Daan Mogot," katanya.

Masyarakat diimbau dapat mudik sesuai dengan instruksi Kementerian Perhubungan yakni, H-7 Lebaran agar tidak mengalami kepadatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya