Cegah Kriminalitas, Polisi Berbaju Preman Kawal Rest Area

Ilustrasi rest area dipenuhi pemudik
Sumber :
  • TMC Polda Metro

VIVA – Rest area atau tempat peristirahatan sementara menjadi salah satu fokus pengamanan Polda Metro Jaya selama pelaksanaan mudik Lebaran 2018.

INFOGRAFIK: Daftar Rest Area Tol Pulau Jawa

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi akan memperketat pengamanan di beberapa rest area yang dilalui kendaraan para pemudik. Pengamanan itu dilaksanakan guna mengantisipasi aksi kriminalitas yang kerap terjadi di rest area

"Saat mudik nanti kami pasti kawal. Ada satu yang juga jadi concern kami yaitu pengamanan di rest area," kata Argo saat dikonfirmasi, Selasa 5 Juni 2018.

Intip Keunggulan Rest Area Modern 4.0 Milik Tommy Soeharto

Menurut Argo, personel polisi berpakaian preman akan dikerahkan untuk memonitor bila ada pelaku kejahatan yang hendak menyasar barang bawaan para pemudik. 

"Jadi nantinya di setiap rest area untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, kami akan menempatkan anggota yang berseragam dan tak berseragam," kata dia.

Pertama di RI, Tommy Soeharto Launching Rest Area 4.0 di Karawang

Argo tak menampik pelaku kejahatan bakal memanfaatkan kelengahan para pemudik untuk melakukan aksi kriminal.

"Ya misalnya ada pemudik yang capek, tidur, lalu pintu mobil dibuka karena biasa mesin mobil dimatikan. Kemungkinan kejahatan pencurian terbuka lebar. Pencuri gampang masuk. Di sanalah anggota yang akan memantau dan antisipasi," katanya menjelaskan. 

Namun, Argo tak merinci jumlah anggota polisi berpakaian preman yang akan disebar di sejumlah rest area di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Menurutnya, jumlah anggota ini akan disesuaikan dengan kebutuhan pengamanan di lapangan.

"Anggotanya menyesuaikan lokasi. Tentatif yah. Jadi kan setiap rest area luasnya beda," katanya.

Perihal pelaksanaan mudik Lebaran ini, dia mengimbau agar warga tetap waspada selama dalam perjalanan ke kampung halamannya masing-masing. 

"Ya kita imbau agar pemudik kalau ada yang istirahat atau tidur, Jangan semuanya. Minimal ada yang jaga barang-barang bawaannya. Lalu kalau pemudik mau istirahat di malam hari, diusahakan berhenti di bawah lampu penerangan atau tempat terang." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya