Aktor di Balik Makmurnya Desa di Indonesia

Warga mengendarai motor di jalan pedesaan lereng Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi, mengatakan, peran para tokoh dan penggiat desa sangat penting, dalam upaya mendorong keberhasilan pembangunan desa.

Cak Imin Usul Kementerian Pertanian Dilebur ke Kementerian Desa

"Kalau tidak ada dukungan dari para tokoh dan penggiat desa, kami tidak ada apa-apanya," ujar Anwar di Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Anwar menjelaskan, para penggiat desa merupakan aktor yang menggerakkan seluruh komponen desa mampu berjalan beriringan. Sehingga, seluruh program yang ditawarkan selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Kebakaran Gedung Kemendes, Kerugian Capai Rp1,5 Miliar

"Empat tahun belum seberapa untuk kita melihat desa yang mandiri," ucapnya.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menambahkan, kemajuan desa berkat dana desa sangat signifikan. Pada awalnya, pengelolaan dana desa tidak mencapai yang diinginkan.

Serapan Dana Desa di Tiga Program Unggulan Capai Rp37 Triliun

Pada tahun 2015, awal dana desa digulirkan sebesar Rp20 triliun, dan hanya terserap 82 persen. Walau begitu, dikatakan Mendes PDTT, Presiden Joko Widodo tetap komitmen untuk membangun dari desa.

Terbukti, setahun kemudian dana desa ditingkatkan dua kali lipat, dan penyerapan bisa mencapai 96 persen. Saat ini, dana desa juga difokuskan untuk menangani masalah stunting.

"Sedikitnya 30 persen anak Indonesia berpotensi stunting," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya