Harga Sembako di Semarang Berhasil Stabil

Walikota Semarang Hendrar Prihadi
Sumber :

VIVA – Tidak dapat dipungkiri bila bulan Ramadan, terkhusus mendekati hari lebaran selalu diidentikan dengan kenaikan harga-harga di pasaran pada berbagai kota di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang selalu mencatatkan laju inflasi yang tinggi menjelang hari Raya Idul Fitri. Bahkan saat krisis moneter tahun 1998-1999 yang mana daya beli masyarakat menurun drastis, inflasi pun tetap terjadi seperti menjadi sebuah anomali.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Namun fenomena inflasi karena meningkatnya harga-harga di pasaran saat bulan Ramadan ini berhasil dipatahkan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Badan Pusat Statistik mencatat, tingkat inflasi di Kota Semarang pada bulan Mei 2018 adalah sebesar -(minus)0,09%.

Padahal dua tahun sebelumnya saat Ramadan berlangsung di bulan Juni 2016, inflasi Kota Semarang tercatat amat tinggi pada angka 1,05%. Dan juga di tahun 2017, inflasi di Kota Semarang tercatat juga masih tinggi sebesar 0,37%.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Dengan nilai inflasi di bawah 0% yang berhasil dicatatkan oleh Walikota Hendrar tersebut, maka tren harga-harga pasaran di Kota Semarang justru secara positif mengalami tren penurunan. Ini berarti masyarakat di Kota Semarang untuk pertama kalinya tidak menghadapi kondisi meningkatnya harga-harga di bulan Ramadan.
 
Kondisi positif tersebut menurut Walikota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut dihasilkan dari upaya menggelar pasar murah sejak awal Ramadan, serta kesuksesan kampanye konsumen cerdas kepada ibu-ibu rumah tangga di Kota Semarang. Hal itu disampaikannya kala membuka Bazaar Ramadan, Rabu 6 Juni 2018. Dalam Bazaar Ramadan yang digelar di Balaikota Semarang itu sendiri Pemerintah Kota Semarang membagikan 4.110 paket sembako murah kepada masyarakat.

"Bazaar murah seperti ini memang konsisten kami selenggarakan untuk dapat menjaga kestabilan harga, dan alhamdulillah kalau melihat catatan inflasi BPS, hasilnya sangat positif,” tutur Walikota Semarang yang juga merupakan Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

"Selain itu saya rasa edukasi yang dilakukan kepada ibu-ibu di Kota Semarang untuk menjadi konsumen cerdas juga telah berhasil, sehingga pedagang tidak coba-coba untuk menaikkan harga seenaknya, karena pasti tidak akan dibeli,” tuturnya.

Hendi juga menuturkan jika catatan inflas BPS tersebut sesuai dengan kondisi tidak adanya kenaikan harga-harga di beberapa pasar yang dipantaunya.  Bahkan dalam data yang terdapat pada Sistem Harga Komoditi milik Tim Pengendali Inflasi Daerah Jawa Tengah, tercatat beberapa komoditi mengalami penurunan harga yang tajam. Sebut saja komoditi telur ayam ras yang pada tanggal 8 Mei 2018 berada pada harga Rp26.000,- per kilogram, di tanggal 5 Juni 2018 turun menjadi Rp21.000,- per kilogram. (webtorial)

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu membagikan 177 motor ke Lurah

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Wali Kota Semarang mengklaim pemberian motor tersebut bertujuan untuk menunjang kinerja para lurah dalam melayani masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023