Walikota Hendi Resmikan Patung Soekarno

Walikota Semarang Hendrar Prihadi
Sumber :

VIVA – Berbagai cara dilakukan oleh banyak tokoh di bangsa ini untuk memperingati hari lahir Bung Karno yang jatuh setiap tanggal 6 Juni. Tak terkecuali Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang memaknai peringatan tersebut dengan meresmikan patung Founding Father Republik Indonesia itu di Kota Semarang, Rabu 6 Juni 2018.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Sosok proklamator bangsa itu diabadikan dalam sebuah monumen setinggi 6,5 meter yang terletak di Taman Kalibanteng, Semarang Barat, Kota Semarang.

Patung Ir Soekarno yang baru saja diresmikan oleh Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang tersebut, adalah menjadi bangunan ketiga yang berada di Kota Semarang. Pertama, patung Soekarno bersama Mohammad Hatta berada di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, serta di Jalan S Parman, Gajahmungkur. Namun berbeda dengan dua patung sebelumnya, di patung ketiga ini tampak Soekarno seorang diri menghadap ke barat dengan membawa naskah proklamasi.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

"Mengapa Bung Karno? karena beliau adalah Founding Father bangsa Indonesia yang harus terus kita kenang, karena banyak ajaran-ajaran dari beliau yang perlu kita terus perjuangan dan lestarikan. Saya rasa pengambilan makna dari patung adalah seperti itu,” tegas Walikota Semarang yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan itu.

"Jadi dibangunnya patung ini adalah sebagai pengingat kita bersama agar tidak lupa terhadap sejarah pendirian bangsa ini,” tuturnya usai menandatangani prasasti peresmian patung tersebut.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Hendi menuturkan jika peletakkan patung di Taman Kalibanteng sendiri yang sangat strategis di sisi Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan RE Martadinata tersebut agar semua dapat melihat betapa hebatnya perjuangan proklamator kita ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Taman Kalibanteng sendiri adalah satu dari 22 ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun Pemkot Semarang sejak 2017. Pada tahun 2018 ini, Semarang menargetkan membangun 18 RTH lagi di berbagai sudut wilayah di Kota Semarang. (webtorial)

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu membagikan 177 motor ke Lurah

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Wali Kota Semarang mengklaim pemberian motor tersebut bertujuan untuk menunjang kinerja para lurah dalam melayani masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023