Mudik 2018, Dirjen Kereta Api Antisipasi Titik Rawan Bencana

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA – Memasuki mudik 2018, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus mengantisipasi jalur rel kereta yang rawan bencana alam. Kerawanan yang diantisipasi seperti tanah longsor dan banjir.

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

"Nah, ada satu yang juga kami antisipasi adalah masalah rawan, kondisi rawan bencana dan rawan longsor, rawan banjir," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri di Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018.

Dia menambahkan, "Ada cukup banyak lokasi-lokasi titik rawan longsor, rawan banjir ini." 

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

Namun, Zulfikri memastikan, pihaknya sudah mengantisipasi kerawanan itu. Pihaknya sudah menyiagakan peralatan dan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di titik yang rawan.

"Kami bersama dari Ditjen Perkeretaapian mempunyai balai-balai teknik. Kami sudah menyiapkan petugas-petugas di lokasi-lokasi yang sudah kami identifikasi tadi rawan bencana," ujar Zulfikri.

Puncak Arus Mudik Penumpang KA di Yogyakarta Diprediksi Terjadi pada H-4 Lebaran

Di Pulau Jawa, Kemenhub menyoroti daerah operasi di Jawa Barat bagian selatan dan Jawa Timur. Meskipun tidak menyebut secara detail titik mana saja yang paling rawan, dia memastikan, semua titik sudah diidentifikasi.

"Kalau rawan bencana, rawan longsor, yang selama ini kita alami adalah di Jawa Barat bagian selatan ya. Kalau untuk banjir mungkin di wilayah Jawa Timur, Sidoarjo juga banjir. Yang pasti sudah kami identifikasi daerah-daerah rawan bencana di Pulau Jawa ini," kata Zulfikri. (ase)

Ilustrasi kereta api melintas.

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

PT KAI akan mengoperasikan 924 kereta api jarak jauh atau rata-rata 231 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur panjang akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024