Dr Bimanesh: Kecelakaan Setya Novanto Skenario Amatiran

Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo mengenakan baju tahanan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Dokter Bimanesh Sutarjo, terdakwa kasus merintangi penyidikan perkara dugaan korupsi e-KTP, mengaku pernah dihubungi oleh sepupunya pada 18 November 2017 atau dua hari setelah mantan Ketua DPR Setya Novanto dirawat di rumah sakit karena kecelakaan. 

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Kepada sepupunya, Bimanesh menyebutkan, kecelakaan yang dialami Novanto itu merupakan sebuah rekayasa. Percakapan Bimanesh dengan sepupunya itu dituangkan dalam surat pengajuan dokter Bimanesh sebagai justice collaborator

Surat itu dibacakan jaksa dalam persidangan pemeriksaan terdakwa, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Dalam percakapan tersebut, Bimanesh mengungkapkan, "Kecelakaannya disengaja. Itu mobil bekas, baru dibeli paginya. Skenario amatiran, ketahuan banget". 

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Ucapan tersebut pun diamini oleh Bimanesh. "Saya tahu dari media, itu mobil bekas baru dibeli paginya. Itu saja yang saya sampaikan ke dia," kata Bimanesh. 

Dalam perkara  ini, Bimanesh didakwa bersama-sama dengan Fredrich Yunadi telah melakukan rekayasa, agar mantan Ketua DPR Setya Novanto dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

Pengusutan Korupsi E-KTP Masih Lanjut, KPK Periksa Rekanan Proyek

Hal itu untuk menghindari pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat itu, Novanto tersangka dalam kasus korupsi pengadaan e-KTP, dan Fredrich Yunadi sebagai pengacara Novanto. (ase)

Menkumham Yasonna Laoly saat konferensi AALCO di Nusa Dua, Bali

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, Indonesia punya pengalaman pengembalian aset hasil pidana korupsi dari luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023