Prediksi Puncak Arus Mudik 9 Juni, Polisi Sudah Siaga 8 Juni

Ilustrasi macet saat mudik lebaran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Adanya tambahan waktu cuti bersama diduga jadi salah satu faktor pergeseran puncak arus mudik Lebaran 2018 yang semula pada 12 dan 13 Juni, bertambah jadi pada tanggal 8 dan 9 Juni. Hal itu diyakini membuat pola pulang pemudik berubah.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

“Karena bertambahnya cuti bersama dari awalnya tanggal 12 taunya ditambah jadi tanggal 11 hari Senin,” ujar Kepala Sub Direktorat Pengawalan dan Patroli Jalan Raya Korlantas Polri, Kombes Pol Bambang Sentot Widodo di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juni 2018.

Akibat hal itulah tak menutup kemungkinan pemudik juga ada yang memutuskan pulang ke kampung halaman dari Ibu Kota jadi hari Jumat sore, 8 Juni 2018. Maka dari itu, pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi lonjakan pemudik pada Jumat malam. 

Jadwal THR dan Cuti Jadi Evaluasi Kemenhub di Angkutan Lebaran 2020

Tapi hal itu masih sebatas prediksi. Bisa saja pemudik memilih untuk mengambil langkah mudik di hari Sabtu pagi setelah santap sahur.

“Bisa juga ada kecenderungan pulang hari Sabtu pagi, jadi ya kemungkinan bergeser puncak ini ke tanggal 8 dan 9,” katanya. (ase)

Mudik Idul Fitri, Penumpang KAI Meningkat 9 Persen
Pantauan udara di atas gerbang tol Cikarang Utama, Jawa Barat.

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

Jumlah lalin pemudik turun hingga 62 persen dari tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2020