Malam Ini, Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak 

Pemudik sepeda motor memasuki kapal Roro.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

VIVA – Pergerakan ribuan kendaraan dari Ibu Kota yang menggunakan jasa penyeberangan angkutan laut akan mengalami puncaknya hari ini. 

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengatakan, puncak arus mudik dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni masih menjadi favorit akses menuju Pulau Sumatera.

"Tanggal 8 - 9 Juni ini diperkirakan akan mencapai tingkat kepadatan yang tinggi karena memang hari Senin itu sudah libur (cuti bersama)," kata Djoko di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat 8 Juni 2018. 

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Djoko mengatakan, penyeberangan dari Merak akan menjadi titik krusial padatnya kendaraan. Setidaknya berdasarkan data yang dilansir, tol dari Tangerang menuju Merak diproyeksikan mencapai 163 ribu kendaraan. 

Jalur itu masih berbaur dengan jumlah kendaraan dengan kapasitas besar dalam hal ini truk pengangkut barang.  "Karena ini menghubungkan dua pulau yang merupakan jalur ekonomi nasional," ujarnya. 

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Meski demikian, Djoko menyampaikan, masih beroperasinya angkutan barang akan disikapi secara situasional.  Sebab selama pengamatannya dari Jakarta, Gerbang Tol Cikupa yang menjadi pintu masuk menuju Merak masih relatif normal, tanpa antrean mengular. Adapun larangan bagi truk angkutan, baru diberlakukan esok Sabtu 8 Juni 2018. (mus)

Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024