10 Polda Ini Jadi Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran

Kabag Humas Mabes Polri, Kombes Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Sebanyak 10 Kepolisian Daerah (Polda) menjadi prioritas Polri dalam pengamanan mudik Lebaran 2018. Rata-rata Polda tersebut berada di Pulau Jawa yang memang menjadi titik arus mudik setiap tahunnya.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

"Polri memprioritaskan sepuluh Polda dalam mengawal arus mudik ini. Sepuluh Polda tersebut yakni Polda Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali," kata Kepala Bagian Penerangan Satuan, Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 8 Juni 2018.

Guna mengamankan arus mudik, mantan Kabid Humas Polda Jabar ini menuturkan, pihaknya akan menempatkan polisi berseragam dinas maupun berpakaian preman. "Semua lengkap bersenjata baik pakaian dinas maupun preman untuk mengantisipasi adanya copet, perampokan, pencurian," katanya.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar minyak (BBM) para pemudik, ia menuturkan, pihak Pertamina akan menyiapkan pengisian BBM secara keliling. Hal ini juga dilakukan karena pembelian bahan bakar di rest area kerap menyebabkan kemacetan. Nantinya, sebelum masuk rest area sudah ada juga petugas yang menjual BBM.

"Sifatnya dia berkeliling baik itu dalam bentuk jerigen menggunakan motor, itu antisipasi ya agar tak terjadi kejadian seperti dua tahun lalu," ujar Yusri.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Yusri pun meyakinkan bahwa seluruh pengamanan dan koordinasi terkait arus mudik sudah dikoordinasikan dengan seluruh organisasi terkait. Personel-personel juga diterjunkan.

"Personel kita sifatnya gabungan. Pos terpadu itu pos pengendali sifatnya. Semua instansi terkait dari mulai polisi Dishub, kesehatan, TNI dan stakeholder yang lain. Di sana ada command centernya dia mengendalikan pos pengamanan dan pos pelayanan." (mus) 

Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memeriksa kesiapan kendaraan dan personel untuk Operasi Ketupat Candi 2022 menyambut arus mudik Lebaran di Alun-Alun Kota Magelang, Jumat, 22 April 2022.

Polda Jateng Kerahkan 11.750 Personel Amankan Arus Mudik

Polda Jawa Tengah mengerahkan 11.750 personel pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Didirikan juga 251 pos pengamanan (pospam).

img_title
VIVA.co.id
22 April 2022