Tiap Jam 2000 Kendaraan Pemudik Lintasi Tol Semarang

Kondisi di Tol Semarang
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Kendaraan pemudik yang melintas di Tol Semarang, Jawa Tengah mencapai 2.000 per jamnya memasuki H-6 Lebaran, Sabtu, 9 Juni 2018. Jumlah tersebut diprediksi terus meningkat seiring ramainya tol fungsional Pemalang-Semarang. 

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Dari pantauan di gerbang Tol Manyaran, Semarang, total sudah ada 54.911 unit kendaraan melintas pada H-7 pada Jumat, 8 Juni 2018. Jumlahnya meningkat apabila dibandingkan dengan hari sebelumnya yakni 47.242 unit kendaraan.

"Besok pagi (Minggu), pasti terus meningkat. Tol fungsional juga sudah terpantau cukup ramai, " kata Wakil Kepala Posko Mudik tol Manyaran, Kompol Wahono. 

Seluruh Korban Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Dipastikan Dapat Santunan

Secara rinci, total kendaraan masuk sekitar 2.287 kendaraan yang masuk melalui gerbang Tol Manyaran. Kendaraan juga mulai didominasi asal pelat B dari Jakarta. 

Oleh karena itu, baik PT Jasa Marga maupun Kepolisian telah melakukan langkah antisipasi untuk mengurai membludaknya kendaraan. Salah satunya dengan membuka empat gerbang baru dari 8 GT untuk mengurangi antrean. 

Bus Rosalia Indah yang Kecelakaan di Tol Batang-Semarang Bawa 32 Penumpang

"Siang tadi total 12 gate yang menuju ke arah Solo maupun Yogyakarta dari Jakarta yang mau masuk gerbang Tol Manyaran difungsikan," ujar dia.

Sampai H-6 Lebaran hari ini,  Wahono menuturkan, belum ada kendala berarti di Tol Semarang termasuk potensi kemacetan panjang yang diprediksi di pintu keluar tol fungsional Pemalang-Semarang tepatnya di simpang susun Krapyak. 

"Tadi di persimpangan antara tol fungsional maupun tol yang sudah operasional (simpang susun Krapyak) sempat ada truck box yang trouble tapi sudah langsung dievakuasi," ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya