H-4 Lebaran, Jumlah Kecelakaan dan Korban Turun

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa meninjau persiapan mudik
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa bersama rombongan kembali melakukan pantauan pengamanan dan kelancaran arus mudik 2018 pada H-4 Lebaran di pintu tol keluar Pejagan, Senin, 11 Juni 2018.

Gandeng Abuya Muhtadi, Irjen Istiono Buat Semringah Petani di Banten

Menurut Royke, gerbang tol Pejagan ini biasanya dilalui pemudik yang akan melanjutkan perjalanannya menuju Purwokerto, Mutiara Cilacap, bisa juga lewat Pantai Selatan selanjutnya ke Yogyakarta yaitu melewati Kebumen, Purworejo, dan Wates, Yogyakarta.

"Situasi saat ini antrean kendaraan normal, malah cenderung turun, data dari Cikarut dan Cikampek hari ini turun lima sampai tujuh persen dibanding kemarin tanggal 10 (Juni). Sampai dengan jam 06.00 pagi tadi cenderung juga menurun, relatif lebih kecil, mudah-mudahan seterusnya sampai Lebaran," ujar Royke dalam keterangan tertulisnya, Senin 11 Juni 2018.

Menhub Lepas Tim Pengendalian Arus Lalin di Masa Larangan Mudik

Ia pun menginformasikan, hingga saat ini yaitu tepatnya H-4 Lebaran, jumlah kecelakaan turun 35 persen dan korban meninggal dunia turun 55 persen dari tahun sebelumnya.

"Pada hari ini secara akumulasi selama arus mudik di hari yang sama seperti tahun sebelumnya yaitu pada H-4 Lebaran untuk kecelakaan turun 35 persen dan meninggal dunia 55 persen, mudah mudah-mudahan seterusnya begitu," katanya.

Ultimatum Travel Gelap Bawa Pemudik, Kakorlantas: Saya Tahan, Serius!

Jenderal bintang dua ini pun menargetkan, pada arus mudik 2018 tercipta kelancaran yang lebih baik dan keselamatan yang lebih terjamin.

"Upaya-upaya pencegahan kecelakaan harus serius dilakukan sambil sosialisasi dan kembali lagi bahwa peran utama bagaimana masyarakat mengimplementasikan atau menerima, sehingga mereka bisa berperilaku tertib. Kalau toh ada kemacetan ikuti lajur-lajur antrean yang sudah ada jangan membuat antrean baru atau lajur-lajur baru," katanya.

Tol Jakarta-Cikampek

Polisi PJR Diduga Aniaya Pengendara di Tol, Begini Duduk Perkaranya

Kakorlantas Polri, Istiono menjelaskan dua petugas polisi PJR tersebut kini sudah di periksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam).

img_title
VIVA.co.id
18 September 2021