Pemudik, Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Membeli Tiket Bus

Terminal bus.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Kepala Subdit Angkutan Orang Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Syafrin, meminta kepada para pemudik agar lebih teliti lagi dalam membeli tiket bus.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Hal ini menyusul terjadinya peristiwa salah satu penumpang yang membeli tiket, namun tidak dijelaskan secara rinci armada mana yang akan dinaiki sehingga membuat penumpang tersebut kebingungan.

Syafrin mengatakan, para pemudik harus memperhatikan tiket yang sudah dibeli. Jangan sampai pemudik dirugikan akibat informasi yang dicantumkan kurang lengkap.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Jadi kepada masyarakat yang ingin membeli tiket, kami sarankan agar pada saat melakukan pembelian tiket yang pertama harus dipahami adalah di dalam tiket harus ada keterangan berapa harga tiket dibeli. Yang kedua adalah nomor kendaraan yang akan diberangkatkan, platnya berapa dan kemudian disertai dengan nomor tempat duduk," kata Syafrin di Terminal Pulogebang, Senin, 11 Juni 2018.

Syafrin mengatakan, adanya keterangan harga untuk menjamin transparansi harga sebenarnya dari tiket tersebut. Kemudian data armada dan tempat duduk harus ada agar penumpang tak salah naik bus. "Yang berikutnya tentu harus ada nama perusahaan itu sendiri. harus jelas di dalam tiket," ujarnya

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Syafrin juga berpesan kepada para pemudik agar menghindari membeli tiket dari calo. Ia menekankan agar para pemudik beli tiket di agen resmi atau melalui sistem online e-Ticketing.

"Sekarang sedang digelorakan Kementerian Perhubungan dimana melalui e-ticketing ini, maka untuk beberapa po bus dapat melakukan pembelian secara elektronik dan juga di gerai-gerai Alfamart yang sudah menjual tiket tersebut," ujarnya

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024