Kepadatan di Tol Cipali Diklaim Mulai Berkurang

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Laporan Jasa Marga Traffic Information Centre di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kementerian Perhubungan menyebut hingga pukul 13.00 terjadi kepadatan di tol Cipali.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Namun, kepadatan mulai berkurang dari sebelumnya sejak KM 142 ke KM 153, menjadi dari KM 144 ke KM 153. Petugas di lokasi mulai mengurai kepadatan di segmen tersebut.

"Kepadatannya di sekitar rest area, sekarang KM 144 sampai KM 153 yang masih padat. Tadinya kan dari KM 142," kata Ketua Harian Posko Mudik Kemenhub, Yugi Hartiman di Posko Kemenhub.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Dia menjelaskan memang banyak pengendara yang beristirahat di pinggir jalan dan menyebabkan kepadatan di situ. Namun, dia memastikan selebihnya jalan tol lancar.

Sementara kejadian menonjol adalah sempat ada insiden kecelakaan di segmen tol Cipali itu itu. Namun kecelakaan bukan terjadi di jalur ke arah timur, sehingga bukan jadi penyebab kepadatan itu.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

"Sempat ada penanganan kecelakaan, tapi yang ke arah Jakarta. Jadi enggak berdampak signifikan," ujar Yugi.

Sementara untuk mengurai kepadatan di bottleneck KM 37 dan rest area KM 39, Jasa Marga sempat memberlakukan contraflow dari KM 35+600 sampai dengan KM 47 ke arah Cikampek.

Contraflow diberlakukan selama lebih kurang 2 jam dan berhasil memecah kepadatan. Setelah mengurai kepadatan, contraflow kemudian dihentikan dan arus lalu lintas terpantau lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya