H-3 Lebaran, Tol Fungsional Semarang Lancar

Lalu lintas di tol fungsional Batang-Semarang dan situasi rest area.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Arus kendaraan pemudik di tol fungsional Batang-Semarang cenderung lancar, pada H-3 Lebaran, Selasa, 12 Juni 2018. Kondisi tersebut terlihat di jalan tol fungsional, tepatnya di Kelurahan Tambakaji Ngaliyan.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Pantauan VIVA, Selasa siang, 12 Juni 2018, arus kendaraan pemudik cenderung ramai lancar. Kendaraan yang melintas di kawasan itu didominasi mobil berpelat B dari Jakarta. Kecepatan kendaraan yang melintas antara 40 hingga 60 kilometer per jam. 

"Sejak pagi memang ramai lancar seperti ini. Tidak terlihat adanya kepadatan sama sekali, " kata Agus, seorang petugas Jasa Marga di rest area STA 443 Kali Kangkung kepada VIVA.

Seluruh Korban Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Dipastikan Dapat Santunan

Siang ini, rest area  cukup banyak disinggahi pemudik. Puluhan kendaraan berpelat B terparkir di sisi sebelah kanan jalan tol fungsional. Fasilitas rest area itu pun cukup lengkap.

Mulai tenda-tenda peristirahatan, toilet, fasilitas penjualan BBM, beberapa anjungan tunai mandiri (ATM), hingga tempat pijat bagi pemudik. 

Bus Rosalia Indah yang Kecelakaan di Tol Batang-Semarang Bawa 32 Penumpang

Di seberang rest area, terdapat sebuah tenda milik personel Basarnas Semarang dengan beberapa petugas yang standby. Lengkap dengan helikopter serta mobil-mobil yang siap membantu pemudik jika keadaan darurat.  

"Intinya kami standby setiap saat untuk membantu para pemudik. Sejauh ini tidak ada hambatan berarti, situasinya cukup lancar," ujar Agus.

Secara terpisah, General Manager Jasa Marga Cabang Semarang, Johanes Mancely menyebutkan, puncak arus mudik di tol Semarang telah berlangsung pada H-6 Lebaran atau pada Sabtu, 9 Juni 2018. Total kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Manyaran Semarang mencapai 44.296 unit, di atas rata-rata normal yakni 19.858 kendaraan. 

"Pada H-5 kemarin total kendaraan turun mencapai 41.508 dan turun lagi 41,051 pada H-4 Lebaran," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya