NU: Kunjungan Yahya Staquf ke Israel Atas Nama Pribadi

Yahya Staquf (kiri) mantan Jubir Gus Dur dilantik sebagai anggota Wantimpres
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Nahdlatul Ulama menyampaikan klarifikasi tentang pro-kontra atas kehadiran salah satu petingginya, Yahya Cholil Staquf, dalam sebuah forum lokakarya berskala internasional di Israel.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

NU menyatakan, kehadiran Yahya adalah atas inisiatif pribadi meski dia juga menjabat Katib Aam (Sekretaris Jenderal) Suriyah organisasi itu. Maka kehadiran Yahya tak ada sangkut-pautnya juga dengan NU.

“Menyikapi kehadiran KH Yahya Cholil Staquf ke seminar yang diadakan oleh Yahudi Amerika di Yerusalem, atau di Israel, kami NU menyatakan bahwa kehadiran KH Staquf atas nama pribadi, sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama," kata Ketua Umum NU, Said Aqil Siroj, melalui siaran pers yang diterima VIVA pada Selasa, 12 Juli 2018.

Pendeta Gilbert Dilaporkan Dugaan Penistaan Agama, Gus Yahya: PBNU Enggak Ikut Campur

NU, kata Said, tegas mendukung kemerdekaan Palestina. Sebab Palestina kini menjadi bangsa yang terzalimi dan sudah semestinya mendapatkan dukungan dan bantuan untuk memperoleh kemerdekaan. "Adapun sikap NU dari dulu sekarang dan seterusnya akan selalu berpihak pada Palestina berpihak pada kebenaran," ujarnya.

Said mengingatkan pentingnya Indonesia sebagai bangsa yang mendukung kemerdekaan Palestina untuk menyuarakan kepada dunia bahwa Palestina patut mendapatkan kemerdekaan. NU selalu bersama dengan Palestina.

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

“Palestina bangsa yang dizalimi, bangsa yang ditindas oleh Israel, maka kita semua menyuarakan pada dunia internasional, terutama kepada PBB dan terutama sekali kepada Amerika, hendaklah kita tegakkan keadilan; mari kita dukung Palestina dalam merebut kemerdekaannya dan mendapatkan haknya sebagai bangsa yang merdeka," ujarnya.

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024