Terkuak Misteri Mobil Mundur Sendiri di Tanjakan Salatiga

Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa berusaha menguak misteri di balik mobil mundur sendiri di tanjakan Tol Salatiga, Jawa Tengah.

‎DPRD Jateng Tolak Proyek Tol yang Digagas Jokowi

Dan hasilnya cukup mengejutkan, ternyata jangankan mobil, sepeda angin saja bisa menaklukkan tanjakan itu, tanpa harus mundur lagi seperti yang dialami sebuah mobil beberapa waktu lalu.

Royke memastikan Tanjakan Kali Kenteng dapat dilewati, dengan menggunakan sepeda lipat. Royke membuktikan dapat melewati tanjakan Kali Kenteng sepanjang 150 meter dengan kemiringan 7 derajat.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

"Kita berada di jembatan kali Kenteng di Salatiga dan saya melihat langsung tanjakan yang elevasinya 7 derajat ataupun gradenya 10 persen, sebenarnya dapat dilalui pengendara, banyak di Semarang tanjakan yang seperti ini apakah jalan lokal atau kabupaten kota. Saya saja menggunakan sepeda bisa lewat apalagi kendaraan roda empat," kata Royke dalam keterangan tertulisnya, Selasa 12 Juni 2018.

Menurutnya, jika kendaraan tidak kuat menanjak artinya pengemudi tidak mahir dalam berkendara atau mobilnya tidak laik jalan.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Irjen Royke Lumowa menjajal tanjakan Tol Salatiga pakai sepeda.

FOTO: Irjen Royke Lumowa menjajal tanjakan Tol Salatiga pakai sepeda.

Royke menambahkan, dari pantauannya seluruh mobil terlihat dapat melalui tanjakan Kali Kenteng. Ia pun mengimbau agar pengendara tidak overloading penumpang ataupun barang.

"Kalau overloading penumpang ataupun barang memang dilarang karena dia akan mengganggu stabilitas kendaraan itu sendiri, baik di dalam saat menikung dan saat menurun khususnya bisa tidak berfungsi, saat dia manuverpun bisa terganggu," katanya.

Sebagai informasi, jalan tol fungsional akan digunakan sampai arus balik lebaran, sementara untuk jam fungsional, Polda Jawa Tengah menerapkan hingga jam lima sore, kecuali di jalan Arteri Salatiga-Boyolali -Solo padat bisa dibuka sampai malam.

Tanjakan ini sempat menjadi perbincangan masyarakat karena pernah ada sebuah mobil yang mundur lagi saat berusaha melintas tanjakan itu.

Baca: Tanjakan Mengerikan Tol Salatiga, Mobil Bisa Mundur Sendiri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya