Pemudik Sepeda Motor ke Sumatra Tak Tertarik Berangkat Siang

Pemudik sepeda motor memasuki kapal Roro.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan bahwa para pemudik dengan sepeda motor melalui Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, lebih suka melakukan perjalanan mudik saat malam. Akibatnya, Pelabuhan cenderung lebih padat saat malam ketimbang siang.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

ASDP menyebut kebiasaan itu telah terjadi bertahun-tahun dan kemungkinan besar sulit untuk diubah. Diduga juga pertimbangan dirasa lebih aman menyeberang saat malam lalu tiba di Bakauheni, Lampung, ketika pagi atau siang.

Selain itu, sebagian besar pemudik berpuasa saat siang sehingga merasa lebih siap bepergian jauh kala malam, setelah berbuka puasa. 

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

ASDP telah menjalankan amanat Menteri Perhubungan agar merangsang pemudik berangkat siang ketimbang malam. Disiapkan hadiah atau doorprize kepada pemudik yang berangkat siang sebanyak dua unit sepeda motor selama Lebaran untuk menarik minat berangkat siang. Namun iming-iming itu tak efektif.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Imelda Alini, memperkirakan para pemudik itu memperhitungkan perjalanan di darat ketika sampai di Lampung.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

"Karena begitu sampai di Lampung udah pagi, jadi mereka bisa teruskan perjalanan lagi. Kemungkinan masalah sekuriti di darat. Jadi mungkin kalau perjalanan malam hari, di Lampung rawan, takut gelap," katanya di Pelabuhan Merak pada Selasa, 12 Juni 2018.

Diperkirakan sudah 52 persen pemudik yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera. Untuk mengantisipasi kepadatan, ASDP mengimbau masyarakat untuk dapat membeli tiket secara online. Selain itu, jalur khusus Pengemudi sepeda motor pun disediakan khusus di dermaga VI.

Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024