Kunjungi Pelabuhan Semarang, Menhub: Jumlah Pemudik Naik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Tanjung Emas
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, memasuki dua hari menjelang lebaran, Rabu, 13 Juni 2018. 

Tim SAR Evakuasi Turis Wanita AS di Tengah Laut Semarang, Ada Apa?

Budi mendapatkan, sejumlah testimoni pemudik yang mengaku nyaman menggunakan fasilitas mudik dengan kapal laut.

"Dari apa yang saya tanya kepada mereka (pemudik), saya tawarkan lagi (mudik kapal laut), semuanya rata-rata berminat lagi," ujar Budi saat mengecek pemudik dengan kapal yang merapat di dermaga Tanjung Emas.

Mayat Pria Misterius Mengambang di Pelabuhan Semarang

Dari pantauannya, banyak kapal membawa penumpang dari Jakarta yang pagi tadi merapat di Semarang. Mereka merupakan warga asal berbagai daerah di Jawa Tengah. Keramaian penumpang yang turun dari kapal di Tanjung Emas sudah sangat terasa. 

Ia menyebutkan, tingkat keterisian penumpang atau okupansi kapal pemudik nyaris menyentuh 100 persen. Bahkan, jumlah kapal pemudik melesat naik ketimbang situasi tahun lalu. Bila 2017 lalu dengan ketersediaan kapasitas kapalnya hanya 7.000 dengan okupansi 40 persen, saat ini okupansinya melonjak sampai 90 persen lebih. 

Melanggar Merek, Bea Cukai Musnahkan 800 Ribu Pisau Cukur Tiruan di Bekasi

Ia mengatakan, tingginya minat pemudik naik kapal lantaran banyak kemudahan yang didapat. Mulai lokasi istirahat yang memadai dan banyak fasilitas pendukung lainnya. "Di kapal bisa tidur dan fresh ketika pemudik (kembali) menempuh perjalanan (darat) baik ke Solo serta daerah lainnya," ujarnya.

Tahun depan, Budi Karya menyatakan, akan kembali menambah daya tampung moda transportasi laut dan darat, agar arus mudik dan balik lebaran kembali lancar. 

Ia meyakini tahun ini arus mudik berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Saat ini, pihaknya sedang melakukan pemetaan peningkatan arus mudik sambil diikuti perbaikan fungsi-fungsi infrastruktur jalan dan jalur laut yang ada saat ini. "(Tahun depan) darat ditambah tiga kali lipat. Laut juga tiga kali lipat sesuai kondisi yang ada," katanya.

Kepala Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Ardhy Wahyu Basuki, menambahkan, layanan mudik gratis penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas bakal berakhir 14 Juni 2018 besok. Sementara mudik motor yang difasilitasi Pelni dan Pelindo berakhir hari ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya