Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Kamis

Pantau hilal/Ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry

VIVA – Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal atau rukyatul hilal untuk penetapan awal Syawal 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Direktur Jenderal Bimbingan Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin mengatakan, sidang isbat akan dilaksanakan di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis besok, 14 Juni 2018. 

Menurut dia, proses sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB. Sidang diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439 H.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Adapun proses sidang isbat dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers, setelah sidang itsbat," ujar Muhamadiyah Amin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 13 Juni 2018. 

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Sidang akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). 

Selain itu, sidang akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (asp)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024