Siang Ini Total Kemacetan di Tol Cipali Capai 42 Kilometer

Pengendara memperlambat laju kendaraannya saat melintasi ruas jalan Suasana di Tol Cipali-Palimanan (Cipali), di Purwakarta, Jawa Barat, pada Rabu siang (13/6/2018).
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA – Kemacetan panjang terjadi di ruas Tol Cikopo - Palimanan atau Cipali, Rabu siang, 13 Juni 2018, bertepatan pada H-2 Lebaran yang merupakan puncak mudik fase II. Berdasarkan data pantauan Posko Angkutan Lebaran 2018 Kementerian Perhubungan, total panjang kemacetan di ruas tol tersebut mencapai 42 kilometer dari panjang tol yang mencapai 116,7 kilometer.

Rombongan Peziarah Asal Tangerang Selatan Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Meninggal Dunia

Ketua Harian Posko Direktorat Jendral Hubungan Darat, Nurhadi Unggul Wibowo menjelaskan, total panjang kemacetan tersebut merupakan hasil akumulasi dari kemacetan di sejumlah ruas jalan mendekati rest area di sepanjang Tol Cipali. Mulai dari KM 13 hingga KM 86.

"Jadi, kalau info Jasa Marga tadi itu macetnya dari KM 13 sampai rest area KM 39, kemudian macet lagi KM 47 sampai KM 57, karena ada rest area, kemudian macet lagi KM 68 sampai KM 72, kemudian tersendat lagi hingga KM 86 merayap," katanya saat ditemui di Posko Angkutan Lebaran Kemenhub, Rabu, 13 Juni 2018.

Banjir Rendam Akses Jalan Menuju Tol Cipali

Pemudik juga mengalami kemacetan di ruas Tol Cikampek sejak malam hingga siang hari ini. Peningkatan kendaraan pada puncak arus mudik fase II ini terlihat dari antrean kendaraan di pintu Tol Cikarang Utama.

Titik kepadatan bahkan telah terjadi sejak KM 7 atau sekitar wilayah Jati Bening.

Diduga Ada Markas Jin, Sederet Alasan yang Membuat Tol Cipali Kerap Memakan Korban Jiwa

"Cikarut kemacetannya dari KM 21 sampai KM 41, antreannya 20 kilometer. Kecepatan rata-rata sampai 10 km per jam," katanya.

Sementara menurut Humas Jasa Marga, Irwansyah, dari data yang telah masuk ada peningkatan kendaraan yang jumlahnya mencapai 104 ribu kendaraan dari prediksi awal yang hanya 92 ribu kendaraan.

"Ada peningkatan 104 ribu kendaraan dari 92 ribu yang diprediksi awal. Kepada mulai terjadi sejak pagi," katanya.

[Catatan Redaksi: Foto artikel ini telah diganti sesuai dengan konteks berita, yaitu suasana di Tol Cipali-Palimanan (Cipali), di Purwakarta, Jawa Barat, pada Rabu (13/6/2018). Foto yang sebelumnya dipakai terjadi pada arus mudik tahun 2017. Pergantian foto telah dilakukan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pembaca terkait pemuatan foto yang sebelumnya. Terima kasih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya