Seluruh Tol Jalur Mudik Lancar, Nagreg Sempat Macet

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Pada H-1 Lebaran, secara umum kondisi lalu lintas di jalur mudik pada malam hingga pagi ini,  Kamis 14 Juni 2018, terpantau ramai namun tetap lancar.

Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip

Berdasarkan pantauan Posko Angkutan Lebaran 2018 di Gedung Kementerian Perhubungan, sebanyak 49 CCTV yang terpasang di ruas tol semuanya memperlihatkan kondisi lalu lintas yang lancar.  

Seperti di ruas jalan Tol Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Merak, Palikanci, Jakarta – Tangerang – Cengkareng, Purbaleunyi, Semarang, Banyumanik – Salatiga, Solo – Ngawi, Ngawi – Kediri, Surabaya – Mojokerto, Surabaya – Gempol, Gempol – Pasuruan, Gempol – Pandaan, Pandaan – Malang, secara umum relatif ramai dan lancar.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Meski begitu beberapa tempat pada malam tadi terpantau alami kepadatan, seperti di Nagrek pada pukul 00.09 WIB, arus lalu lintas padat merayap. Namun siang ini kondisinya relatif lancar, dan tidak ada rekayasa lalu lintas yang diterapkan untuk mengatasi kemacetan. Kendaraan yang mendominasi adalah mobil pribadi dan bus. Kemudian, pemantauan di lokasi Cikopo pada malam hari, arus lalu lintas arah Cirebon juga padat merayap.

Adapun pemantauan di lokasi Cipali pada pukul 00.23 WIB, terjadi kepadatan lalu lintas di KM 72, dengan kecepatan 20-30 km per jam. Serta, pemantauan di Kabupaten Cirebon pada pukul 23.31 WIB, arus lalu lintas dari arah barat ke timur (arah keluar Cirebon) terpantau padat panjang antrean sepanjang 2 km dengan kecepatan 10-20 km per jam.

Top Trending: Sosok di Balik Gambar Khong Guan Hingga Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Selain itu, hasil kegiatan monitoring lalu lintas angkutan Lebaran pada rest area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek pada 13 Juni 2018 – 14 Juni 2018, volume kendaraan keluar tercatat 1.878 kendaraan, volume kendaraan masuk 1.7484 kendaraan dan panjang antrean di ruas tol dalam kondisi normal dengan kecepatan di ruas tol arah Jakarta – Cikampek untuk kendaraan kecil 20-40 km per jam, dan kendaraan besar 20-40 km per jam.

Di samping itu, pantauan di gerbang tol Jabodetabek dengan jumlah pemudik yang keluar dari Jakarta sebanyak 47.094 kendaraan atau menurun sebesar -16,19% dari hari kemarin.

Antrian Panjang di Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Balik Lebaran 2024

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Pengguna jalan diminta tidak mendahului kendaraan di lajur contraflow.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024