Pemudik Pakai Motor Berkurang, Ini Buktinya

Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Jumlah penggunaan kendaraan bermotor roda dua yang digunakan pemudik, hingga H-2 Lebaran 2018, mengalami penurunan signifikan, jika dibandingkan kondisi mudik pada 2017. Hal ini, juga mendorong penurunan tingkat kecelakaan mudik 2018.

Pemudik Motor Arah Pantura Mulai Padati Jalur Kalimalang, Polisi Wanti-wanti Barang Bawaan

Posko Angkutan Lebaran 2018 Kementerian Perhubungan mencatat, kendaraan roda dua yang mengarah keluar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) alami penurunan sebesar 76,9 persen, jika dibandingkan tahun lalu. Atau, dari yang berjumlah 519 pada 2017, di periode yang sama menjadi 120 kendaraan. 

Adapun untuk jumlah kecelakaan lalu lintas yang terpantau posko, telah mengalami penurunan sebesar 33 persen, jika dibandingkan H-2 di 2017. Di mana pada 2017, terjadi sebanyak 192 kecelakaan, sedangkan 2018 terjadi 128 kecelakaan lalu lintas.

Pemudik Motor Mulai Padati Jalur Arteri Cikupa Arah Merak, Polisi Tutup Persimpangan

Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penurunan tersebut utamanya disebabkan semakin meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap imbauan pemerintah untuk menghindari penggunaan kendaraan roda dua. Hal ini, berarti sudah semakin pedulinya masyarakat terhadap keamanan selama mudik Lebaran.

"Kalau saya rada GR, promosi kami untuk mengimbau masyarakat itu didengar juga, saya ucapkan terima kasih, karena bahaya sekali jumlah motor berbanding lurus dengan laka (kecelakaan lalu lintas). Kalau motornya turun, lakanya juga turun," ucapnya, saat ditemui di Posko Kemenhub, Kamis 14 Juni 2018.

Pelabuhan Ciwandan Banten Layani Pemudik Motor, Truk Dilarang Melintas Mulai Jumat Ini

Selain itu, kata dia, upaya pemerintah untuk memicu pemudik agar tidak menggunakan kendaraan roda dua juga berhasil. Salah satunya mudik gratis bagi pengguna kendaraan bermotor melalui kapal laut, truk, maupun kereta api yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

"Saya tidak bisa frontal mengatakan enggak boleh, coba bayangin mereka ke kampung, kampungnya ke daerah ke mana-mana, dia mau keliling kunjungkan mesti pakai motor, cost lagi kalau tidak. Jadi, makanya harus kami pikirkan (dengan mudik gratis tersebut)," ungkapnya.

Pemudik motor yang sudah padati Pelabuhan Bakauheni.

Pemudik Motor Mulai Padati Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa

Para pemudik motor itu berdatangan dengan anteran yang mengular panjang memadati Pelabuhan Bakauheni.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024