Menhub Prediksi Puncak Arus Balik 19 dan 20 Juni

Ilustrasi arus balik di Jalan Lingkar Nagreg di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni 2018 mendatang. Sejumlah persiapan pun disiapkan Pemerintah dan aparat kepolisian untuk menghadapi pemudik yang kembali dari kampung halaman.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

"Beberapa hal yang kami putuskan adalah puncak mudik terjadi pada 19-20 Juni," kata Budi usai menggelar rapat kordinasi persiapan arus balik di Gedung NTMC Polri, Jakarta Timur, Kamis 14 Juni 2018.

Menghadapi arus balik, Budi menyebut pihaknya akan mengeluarkan surat edaran berisikan imbauan kepada pelaku usaha pengiriman barang agar kendaraan sumbu tiga atau truk untuk tidak melintas di jalan Tol operasional ataupun fungsional.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

"Nanti pak Dirjen Perhubungan Darat akan membuat surat edaran kepada stakeholder untuk tiga sumbu diimbau tidak melalui jalur-jalur tol dan tol fungsional tersebut," kata Budi.

Lebih lanjut, mantan Dirut Angkasa Pura II ini menuturkan, pada libur lebaran ini ada waktu sekitar enam hari untuk arus balik. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat jika ingin tak terjebak kemacetan untuk pulang ke Jakarta sebelum tanggal 19 dan 20 Juni atau sesudah libur lebaran usai.

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

"Dalam kesempatan ini saya sampaikan bagi mereka yang tidak mau bermacet ria pulang sebelum 19 dan 20 Juni atau setelah itu," katanya.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022