Idul Fitri Dirayakan Serempak, Menag: Anugerah Allah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  bersyukur bahwa perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah kali ini dirayakan bersama-sama seluruh umat Islam di Indonesia bahkan dunia. 

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Menag: Ini Keberhasilan Semua Pihak

"Sesuatu yang menurut hemat saya patut kita syukuri. Ini berkah anugerah Allah yang  harus mampu kita petik hikmahnya. Ini maknanya bahwa kebersamaan  umat  Islam mampu kita jaga dan kita pelihara," kata Lukman  di rumah dinasnya Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Juni 2018. 

Apalagi, Lukman mengemukakan, tantangan ke depan ini semakin tidak sederhana, banyak persoalan mendasar. Misalnya, di tengah pendidikan yang terkait dengan kemiskinan, kesejahteraan. Hal itu adalah tantangan umat ke depan yang tidak kalah penting. 

Menag Minta Santri Jadi Sosok yang Sebarkan Perdamaian

Menurut dia, umat Islam harus mampu memahami esensi ajaran Islam dengan baik, serta tidak terpengaruh dengan hal-hal yang justru bela agama tapi sebenarnya justru secara esensial bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan itu sendiri.  

"Ini yang menurut hemat saya tantangan kita, bagaimana melalui momentum Idul Fitri ini yang hakekatnya adalah mengajak kita kembali ke esensi kemanusiaan kita ini, juga mampu untuk kita memahami esensi panutan kita Rasulullah dan esensi Tuhan kita," ujarnya. 

Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2019, Ini 5 Catatan Menag

Menurut Lukman, Idul Fitri harus dimaknai seperti itu. Kembali  memahami diri sendiri dengan cara memahami siapa Tuhannya dan  esensi agama Islam. 

Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai diperiksa KPK

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

KPK mengembangkan penyelidikan dugaan gratifikasi Menag

img_title
VIVA.co.id
15 November 2019