Arus Balik, Antrean Berkilometer di Wilangan-Mengkreng Jatim

Antrean panjang di Wilangan dan Kertosono, Jawa Timur, pada Sabtu, 16 Juni 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Antrean panjang kendaraan terjadi memasuki H+1 Lebaran di Saradan-Wilangan perbatasan Madiun-Nganjuk dan Simpang Empat Mengkreng, Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Sabtu, 16 Juni 2018. Volume kendaraan berlebih diperkirakan jadi penyebab utama kemacetan.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Menyusuri jalan anteri dari Kota Madiun pada Sabtu siang, arus lalu lintas dari arah barat atau Ngawi ke timur atau Surabaya terpantau ramai lancar. Kecepatan kendaraan normal, antara 60 sampai 80 kilometer per jam. Hanya di beberapa titik perempatan sejenak antre tapi tidak berarti. 

Antrean panjang baru terjadi sesampai di perbatasan Madiun-Nganjuk, tepatnya di Wilangan. Pengamatan VIVA, antrean panjang terjadi karena kendaraan dari jalur tol Solo atau Madiun keluar di Wilangan, bertubrukan dengan arus kendaraan via jalan arteri. Tol Wilangan-Kertosono dibuka hanya dari arah Surabaya. 

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Akibatnya, tumpahan kendaraan dari dua jalan berbeda itu menumpuk. Apalagi, sekira lebih dari lima kilometer dari muara arus kendaraan, terdapat perlintasan kereta api. Jalan juga sempit. Kendaraan sebentar bergerak lalu berhenti. Begitu seterusnya sampai masuk Kota Nganjuk. 

Horor macet sesungguhnya terjadi sesampai di Kertosono, sebelum masuk simpang empat Mengkreng (perbatasan Nganjuk-Kediri-Jombang). Antrean kendaraan diperkirakan lebih dari 10 kilometer. Banyak pengendara akhirnya menepi di rest area, masjid, atau SPBU karena tak tahan dengan kemacetan. 

Usai Teror Batu, Patroli di Tol Jakarta-Merak Ditingkatkan

VIVA terjebak kemacetan di Kertosono sejak pukul 16.00 WIB. Sampai berita ini selesai ditulis, pukul 18.53 WIB, kemacetan belum juga terurai. "Kalau kehabisan bensin bahaya ini," kata seorang pengendara yang terjebak kemacetan saat beristirahat di SPBU di Kertosono. (ren)

Ketua Umum DPP Organda Andre Djokosoetono.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Organda juga mengapresiasi kerja pemerintah atur arus mudik.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018