Wajib Tahu Kota-kota di Indonesia yang Dilalui Sesar Aktif

Ilustrasi lokasi gempa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyudi Agus

VIVA – Gempa bumi dengan kekuatan 6,1 Skala Richter yang mengguncang Osaka, Jepang pada Senin, 18 Juni 2018 cukup memukul prefektur di Jepang tersebut. Diketahui ada empat orang tewas dan hingga 370 orang menderita luka-luka.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Gempa tektonik tersebut episentrumnya berada di koordinat 34,833 Lintang Selatan dan  135,612 Bujur Timur di kawasan Takatsuki Osaka Utara pada kedalaman hiposentrum 13 Kilometer.

Berdasarkan lokasi episentrumnya, gempa ini disebut gempa kerak dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif. Diketahui distrik yang diguncang gempa tersebut memang dilalui beberapa jalur sesar aktif yakni Sesar Uemachi (Uemachi fault belt), Sesar Arima Takatsuki (Arima Takatsuki fault belt) dan sesar Ikoma (Ikoma fault belt). 

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

"Meskipun perlu kajian lanjut untuk menentukan sesar pembangkit gempa tetapi ada dugaan bahwa gempa ini berasosiasi dengan sistem jalur sesar yang pernah membangkitkan gempa Kobe 1995 yang menewaskan sekitar 6,400 orang," kata Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono sebagaimana rilis pers yang dikirimkan pada Selasa, 19 Juni 2018.

Menurut Daryono, bertolak pada kasus gempa Osaka yang terjadi kemarin dan memukul pusat-pusat fasilitas umum di sana, masyarakat Indonesia perlu memahami bahwa banyak kota di Indonesia yang juga dilalui sesar aktif maupun berdekatan dengan jalur sesar aktif.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Bagi kota-kota yang berdekatan atau dilalui jalur sesar aktif, wajib hukumnya untuk terus-menerus melakukan edukasi mitigasi gempa bumi. Mitigasi struktural perlu digalakkan dengan cara membangun bangunan rumah tahan gempa dan mitigasi nonstruktural dengan cara meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memahami gempa dan bagaimana cara untuk selamat saat terjadi gempa," lanjutnya.

Di pulau Jawa banyak sesar aktif berdekatan dengan kota besar seperti jalur sesar Lembang yang sangat dekat dengan Kota Bandung, sesar Cimandiri yang melintas dekat Kota Sukabumi, sesar Opak yang jalurnya dekat Kota Yogyakarta, sesar Semarang yang berada dekat Kota Semarang juga sesar Kendeng dan sesar RMKS yang jalurnya dekat Kota Surabaya. 

Di luar Jawa, sesar berdekatan dengan kota besar antara lain sesar Palu-Koro yang membelah Kota Palu, Kota Sorong yang berdampingan dengan sesar Sorong dan Kota Gorontalo yang dilalui sesar Gorontalo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya