One Way Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Lagi, Berapa Lama

Ilustrasi Contraflow di Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jabar

VIVA – PT Jasa Marga Tbk menyatakan, volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta semakin tinggi. Dengan demikian, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan sistem satu arah ke arah Jakarta mulai sore ini pukul 15.25 WIB dari KM 47 sampai dengan Halim KM 3. 

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

"Upaya ini dilakukan guna mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi," kata Senior Specialist Corporate Communications Jasa Marga, Irra Susiyanti melalui keterangan resmi, Selasa 19 Juni 2018. 

Sementara itu, ia melanjutkan, di jalur sebaliknya yaitu jalur menuju Cikampek seluruh kendaraan akan dialihkan ke Kalimalang. Peningkatan lalu lintas yang signifikan ini disebut terjadi karena kemungkinan adanya
perubahan perilaku masyarakat yang menghindari puncak arus balik Lebaran yang diprediksi jatuh pada 20 Juni 2018.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

"Serta masyarakat juga kemungkinan memanfaatkan diskon tarif non tunai arus balik yang berlaku pada 18 hingga 19 Juni 2018," ucapnya. 

Ia pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara pula mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Jadwal Lengkap dan Lokasi Contraflow, One way dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024

Sebelumnya Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan keluar Jakarta melalui jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mengalah selama sistem one way diberlakukan. Sistem satu arah di Tol Jakarta-Cikampek tersebut diprioritaskan kepada masyarakat yang melaksanakan perjalanan arus balik. 

Ketua Posko Harian Angkutan Lebaran Kemenhub, Arif Toha mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan karena kondisi infrastruktur jalan yang kondisinya memang terbatas menampung arus balik sehingga saat ini jalan tersebut diprioritaskan kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik. 

"Jadi kita prioritaskan saudara-saudara kita yang menjalani arus balik. Memang yang arah sebaliknya dimohon mengalah," ujar Arif. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya