Penumpang Kapal Karam di Danau Toba Diperkirakan 128 Orang

Ilustrasi pencarian korban kapal tenggelam di Danau Toba.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Tim SAR gabungan menetapkan waktu pencarian korban Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, hingga sepuluh hari mendatang. Pasalnya, masih banyak penumpang yang hilang.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya mengutus Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi untuk memantau langsung proses pencarian dan penyelamatan. Tim SAR didukung aparat TNI, Polri, Basarnas, dan Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD).

"Pak Menteri mengucapkan bela sungkawa atas kejadian ini. Pak Menteri mengutus kita untuk melakukan upaya pencarian dan evakuasi korban selama sepuluh hari," kata Budi pada Selasa, 19 Juni 2018.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Kementerian Perhubungan juga mengirim tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab kecelakaan kapal itu. Berdasarkan informasi sementara, saat kejadian cuaca memang tidak baik, di antaranya angin kencang, hujan, dan ombak setinggi dua meter.

Menurut Budi, total jumlah penumpang di dalam KM Sinar Bangun belum bisa dipastikan. Soalnya kapal itu milik jasa transportasi perorangan dan tidak memiliki data penumpang atau manifes.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

"Sementara, jumlah penumpang yang mendaftar, yang merasa kehilangan, dan berada KM Sinar Bangun, yang terdaftar berjumlah 128 orang," katanya.

Korban KM Sinar Bangun yang berhasil dievakuasi sebanyak 19 orang. Rinciannya, 18 orang selamat dan satu orang meninggal dunia. Berdasarkan informasi dari tim SAR, hingga Selasa sore, belum berhasil menemukan korban lain. (mus)

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024