Dua Wisatawan Tenggelam di Curug Banyumas

Ilustrasi Curug
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Dwi Royanto

VIVA – Dua orang wisatawan yang tengah libur Lebaran hilang di Curug Nangga, Desa Petahunan, Kabupaten Banyumas. Kejadian itu telah dilaporkan ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Menurut Koordinator Basarans Pos SAR Cilacap, Mulwahyono, dua korban hilang benama Iksanudin (26 tahun), warga Bekasi dan Andini (16 tahun) warga Slawi, Kabupaten Tegal. Keduanya dilaporkan hilang pada Selasa 19 Juni 2018, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kedua korban hilang saat tengah mandi di kolam bawah Curug Nangga hingga akhirnya tenggelam lalu hilang," kata Mulwahyono, Rabu 20 Juni 2018.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Begitu korban hilang, rekan-rekan korban yang mengetahui kejadian tersebut segera melaporkannya ke petugas di sekitar Curug Nangga. Laporan itu langsung ditindaklanjuti dengan laporan ke pihak-pihak terkait lainnya, termasuk Tagana.

Basarnas langsung memberangkatkan personelnya menuju lokasi kejadian pada pukul 19.30 WIB. Pencarian pada Selasa malam telah dilakukan, namun kedua korban belum juga diketemukan di kolam sungai sedalam 5-7 meter.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

"Upaya pencarian secara manual sudah dilakukan hingga pukul 23.15 WIB. Tetapi, masih nihil, " ucapnya.

Pagi ini regu Basarnas bersama relawan terkait kembali melakukan pencarian. Mereka dibekali peralatan pertolongan di air lengkap, seperti perahu karet dan dua unit alat selam. Upaya pencarian dilakukan dengan cara penyelaman melalui sistem penyapuan di sekitaran tempat kejadian.

Selain Basarnas, operasi pencarian dua korban tenggelam di Curug Nangga juga melibatkan personel Tagana Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Tim Reaksi Cepat Informasi Kebencanaan Radio Antar-Penduduk Indonesia, Pemerintah Desa Petahunan, serta Koramil dan Polsek Pekuncen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya