Sambut Pemudik Gratis Kapal Laut, Menhub Bagi-bagi Balon

Menhub Budi Karya Sumadi sambut kedatangan pemudik gratis di Tanjung Priok.
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membagi-bagikan balon kepada para peserta mudik gratis sepeda motor Ditjen Hubungan Laut Kementerian Perhubungan yang baru saja kembali ke Jakarta, Rabu 20 Juni 2018.

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Ada sebanyak 699 sepeda motor dan 1.650 penumpang yang kembali ke Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sejak Senin 18 Juni 2018.

"Tahun depan ikut lagi ya, ajak teman-temannya," ujar Budi di lokasi, Rabu 20 Juni 2018

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

Pada kedatangan hari ini, ada dua kapal, Sabuk Nusantara 85 dan Sabuk Nusantara 95, yang digunakan mengangkut pemudik. Satu kapal lagi, Camara Nusantara 1, khusus digunakan mengangkut sepeda motor.

Data Kemenhub sendiri menunjukkan ada 67 persen peningkatan total jumlah sepeda motor, serta 77 persen peningkatan total jumlah penumpang yang menjadi peserta mudik gratis sepeda motor melalui jalur laut pada 2018.

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

Tahun ini, ada 4.165 unit sepeda motor dan 9.429 penumpang dibanding jumlah tahun lalu, yaitu 2.458 unit sepeda motor dan 5.326 penumpang. Para peserta berangkat pada H-8 hingga H-2 Idul Fitri.

Usai disambut, para pemudik lantas menunggu sepeda motor mereka diturunkan dan bersama-sama mengendarainya keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok dikawal Kepolisian.

Diketahui, mudik gratis melalui jalur laut bagi para pengendara sepeda motor dilakukan, guna menekan jumlah kecelakaan yang biasa terjadi di jalur darat. Data Kemenhub menunjukkan ada 41 persen penurunan kecelakaan di darat, saat program digelar pada 2017. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya