One Way di Tol Cipali, Arah Brebes Diminta Tunda Perjalanan

Penerapan Satu Arah di Tol Jakarta-CIkampek, Selasa 19 Juni 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Para pemudik yang hendak balik ke arah timur, dari Jakarta atau menuju Brebes melalui jalur tol Cipali, diminta mempertimbangkan untuk menunda perjalanan mereka.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hal itu disebabkan mulai diberlakukannya kebijakan satu arah atau one way di ruas tol Cipali arah Jakarta.

"Kalau bisa mereka menunda. Kan mereka mau Lebaran Ketupat (perayaan pada 8 Syawal atau 22 Juni 2018), jangan (balik) hari ini, besok saja," ujar Budi usai menyambut para pemudik yang balik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 20 Januari 2018.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Budi menyampaikan, kebijakan one way kemungkinan tidak diterapkan lagi esok jika arus balik ke arah Jakarta sudah menurun volumenya. Sementara, jika para pemudik dengan tujuan arah timur Jawa bersikeras untuk balik hari ini, mereka terpaksa harus menempuh jalur non-tol.

"Kita informasikan sehingga mereka (pemudik arah timur) aware bahwa mereka harus cari jalan ya," ujar Budi.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

Lebih lanjut, Budi menyampaikan, kebijakan one way diberlakukan dengan pertimbangan volume arus balik dari arah timur sangat besar dibanding sebaliknya. Kebijakan itu juga diberlakukan pada Selasa, 19 Juni 2018, kemarin.

"Load dari timur ke barat itu lebih banyak dari barat ke timur," ujar Budi.

Diketahui, sistem satu arah atau one way akan diterapkan di ruas tol dari Palimanan sampai Cawang atau ke arah Jakarta pada H+5 arus balik Lebaran, Rabu sore 20 Juni 2018, pukul 15.00 WIB. Kebijakan diterapkan Korps Lalu Lintas Polri atas rekomendasi Kementerian Perhubungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya