Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian ke Gunung Lawu Ditutup

Jalur pendakian Gunung Lawu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adib Ahsani

VIVA – Pendakian ke Gunung Lawu ditutup total sampai batas waktu yang belum ditentukan akibat kebakaran yang melanda di kawasan lereng gunung tersebut sejak Selasa sore, 19 Juni 2018.

BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau Agustus 2020

Berdasarkan informasi dari BPBD daerah setempat, kebakaran terjadi sejak pukul 16.00 wib. Kawasan yang terbakar adalah hutan pinus di lereng Gunung Lawu di wilayah Argo Tiling Petak yang berada di Kecamatan Jenawi,  Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Areal yang terbakar adalah wilayah hutan yang luasnya diperkirakan satu hektar. Saat ini masih dilakukan penanganan dengan menyisir para pendaki untuk segera turun dan  menutup semua jalur pendakian sampai batas yang tidak ditentukan. Penutupan dilakukan karena areal hutan yang terbakar makin meluas.

RUU Cipta Kerja, Jokowi Lemahkan Penegakan Hukum Lingkungan

"Sampai waktu yang tidak ditentukan dan sampai dipastikan situasi aman," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 20 Juni 2018.

Saat ini BPBD setempat dibantu dengan relawan dan masyarakat telah menutup seluruh jalur pendakian. Menyisir para pendaki yang masih berada di kawasan Gununung Lawu. Kegiatan penyisiran sementara dihentikan karena
cuaca berkabut.

Dikepung Asap Kebakaran Hutan, Australian Open Terancam Ditunda
BBC Indonesia

Mungkinkah Fatwa Agama Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia?

Indonesia adalah rumah bagi lahan gambut luas.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2020