Alasan Utama One Way Diterapkan saat Arus Balik Lebaran

Penerapan Satu Arah di Tol Jakarta-CIkampek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihartono, menjelaskan kebijakan penerapan one way di sejumlah tol selama arus balik Lebaran untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Ia menyadari jalur lain pasti akan terdampak karena kebijakan ini.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

"Pertama kita lihat ada kepadatan lalu lintas, kalau memang antrean sudah cukup panjang bahkan melebihi 5-6 kilometer harus dilakukan segera alternatif," kata Bambang di Kemenhub, Jakarta, Kamis 21 Juni 2018.

Ia mencontohkan karena ada penerapan one way, maka semua pengendara dari arah Jakarta ke timur dialihkan melalui arteri. Menurutnya, arteri dipilih karena jalannya yang bagus.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

"Arteri ada gangguan samping jadi enggak bisa banyak-banyak juga ke arteri. Kalau arteri enggak kuat kita buka plan B, plan B apa? Kita lakukan contraflow, kita ambil satu lajur," kata Bambang.

Menurutnya, dengan adanya penerapan one way memang pasti semua akan terdampak. Termasuk dampak terhadap waktu tempuh ketika menggunakan jalur arteri.

Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip

"Sekarang kita pilih alternatif yang terbaik, semua pasti ada kena dampaknya. Waktu mudik kita prioritaskan yang mudik, waktu orang kembali sekarang kita prioritaskan yang kembali. Karena orang kembali harus on time sampai di kantor, kalau mereka di kantor terlambat, produktivitas terlambat, terganggu ekonomi kita," kata Bambang.

Pengemudi mobil Fortuner berinisial PWGA yang bersikap arogan dan menggunakan pelat dinas TNI palsu (berbaju tahanan warna oranye) di Polda Metro Jaya, Kamis, 18 April 2024

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Polda Metro Jaya koordinasi Mabes TNI melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan pengemudi Fortuner itu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024