Menhub Akui Over Capacity Penyebab Karamnya Sinar Bangun

Personel Basarnas.
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dugaan faktor penyebab kuat tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun karena over capacity penumpang. Budi menyebut dalam dokumen kapal, semestinya hanya 43 penumpang.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

"Dalam dokumen kapal tersebut jumlah penumpang adalah 43 orang, meski klaim pertama 80 orang. Itu dilihat jelas ada over capacity. Sampai saat ini, kita juga belum lihat manifes," kata Budi dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Jumat, 22 Juni 2018.

Budi menekankan dari kelaikan, KM Sinar Bangun masih layak karena mengantongi izin operasional dari dinas perhubungan setempat. Namun, sekali lagi, ia menyoroti ketaatan dalam mengangkut jumlah penumpang yang melebihi kapasitas.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

"Kemarin kita berkoordinasi dengan dishub kabupaten, selaku yang memegang izin operasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Bagaimana adanya manifes juga menjadi keharusan," sebut Budi.

Baca: Kesaksian Penumpang, Detik-Detik KM Sinar Bangun Tenggelam

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Kemudian, ia menyoroti juga minimnya life jacket atau pelampung yang disediakan dalam setiap KM di perairan Danau Toba. Hal ini diketahui setelah adanya korban selamat KM Sinar Bangun yang tak menggunakan life jacket.

"Saya sampaikan kepada dishub untuk melakukan pembenahan di Danau Toba ini dengan menyandarkan peraturan regulasi yang berlaku melakukan pengawasan dengan baik," tutur Budi.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022