Logo BBC

Lakukan Ini Jika Kapal yang Anda Tumpangi Akan Tenggelam

Personel BNPB melakukan pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/6). - ANTARA/IRSAN MULYADI
Personel BNPB melakukan pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/6). - ANTARA/IRSAN MULYADI
Sumber :
  • bbc

Insiden tenggelamnya kapal motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba pada Senin, 18 Juni 2018, lalu, merupakan tragedi terburuk manajemen transportasi laut dan sungai di Indonesia.

Setidaknya 180 orang dilaporkan hilang, saat kapal yang diduga kelebihan muatan itu karam di Danau Toba. 21 orang ditemukan, 18 orang selamat dan 3 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Harus diakui, standar keselamatan transportasi laut di Indonesia masih sangat rendah. Seorang pembaca BBC, Bambang Arihta Surbakti, menceritakan bahwa pekan lalu, sebelum kejadian, dia berada di pelabuhan yang sama, Tigaras, Simalungun.

"Volume kendaraan sangat banyak untuk penyeberangan wisata, tapi tidak ada kelihatan petugas untuk pengamanan ataupun evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Bambang.

Bagaimana pun, keselamatan di semua moda transportasi harus menjadi perhatian utama semua pihak. Jangan pernah mengabaikan standar-standar keamanan, karena celaka, walau tak ada yang mengharapkan, bisa terjadi kapanpun dan menimpa siapapun.

Dalam kasus kapal tenggelam, warganet berbagi kiat selamat saat Anda menaiki kapal laut:

1. Pakai pelampung duluan