Brigita Manohara, Moderator Cantik Debat Final Pilkada Jatim

Brigita Manohara
Sumber :
  • VIVA.coi.id/Purna Karyanto

VIVA - Presenter senior tvOne, Brigita Manohara, dipilih sebagai moderator debat publik ketiga dua pasangan calon Gubernur Jawa Timur pada Sabtu malam, 23 Juni 2018. Selain berpengalaman dan asli Jawa Timur, paras sedap Brigita jadi pertimbangan dia didapuk sebagai moderator. Suasana sejuk debat diharapkan.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

"Brigita ini kan salah satu presenter senior di tvOne. Brigita juga asli Jawa Timur, lama tinggal di Surabaya," kata Manager News Production tvOne, Wahyu Kustyanto, kepada VIVA di sela sosialisasi debat publik itu di kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur Jalan Tenggilis 1 Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 23 Juni 2018.

Wahyu mengatakan, karena asli Jawa Timur, Brigita sangat mungkin banyak mengetahui informasi Jatim dan kultur masyarakatnya, sehingga mudah membawa dan mengendalikan debat seapik mungkin. "Karena debat ini sendiri, kan, diselenggarakan di Jawa Timur dan untuk kepentingan masyarakat Jawa Timur," ujarnya.

Golkar Resmi Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Selain soal penguasaan materi dan panggung, paras Brigita juga jadi pertimbangan. "Acara yang terkesan keras ini memang harus mendapatkan sentuhan perempuan. Jadi kita menilai Brigita mampu-lah menjalankan tugasnya sebagai moderator nanti," ujar Wahyu.

Brigita sendiri mengaku siap menjalankan tugasnya sebagai moderator debat publik yang akan mempertemukan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak versus Saifullah Yusuf-Puti Guntur, termasuk saat segmen kelima yang menggunakan bahasa Jawa khas Jawa Timuran.

Demokrat Kembali Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Apalagi, sebelum di tvOne, Brigita pernah punya pengalaman menjadi presenter berita berbahasa Jawa di sebuah televisi lokal berbasis di Surabaya. "Saya asli Jawa Timur, lama di Surabaya. Jadi, berbahasa Jawa no problem. Jadi, aman lah insya Allah," kata Brigita kepada VIVA melalui pesan singkat.

Debat publik antara Khofifah-Emil melawan Saifullah-Puti Guntur ini adalah yang terakhir menjelang pemungutan suara pada Rabu, 27 Juni 2018. Terbagi jadi enam segmen, tema dipilih ialah 'Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik'. Disiarkan langsung tvOne, debat publik akan berlangsung dua jam, dari pukul 19.30 sampai 21.30 WIB.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menuturkan, masing-masing paslon diperkenankan membawa massa pendukung tetapi tetap sesuai hal yang ditentukan, baik secara jumlah maupun sikap nanti di lokasi acara.
"Untuk pengamanan jalannya acara, kami sudah berkoordinasi dengan Polda dan Polrestabes Surabaya," tuturnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya